KIA di Batam Baru Tahap Persiapan

0
241
Pelayanan di Kantor Disduk Capil Batam

KIA di Batam Baru Tahap Persiapan

BATAM – Rencana penerapan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kota Batam sampai saat ini masih sebatas sosialiasi dan melakukan persiapan terhadap segala perlengkapan yang dibutuhkan.

‘’Saat ini kami masih fokus terhadap perekaman KTP elektonik warga Batam guna mendukung Pemilu 2019 nanti,” terang Kabid Pelayanan dan Pendaftaran Disdukcapil kota Batam, Muhamad Teddy Nuh baru-baru ini.

BAJA JUGA :   Mucikari Berusia Remaja Jajakan 3 Teman Sebayanya

Dijelaskan Teddy, KIA merupakan kartu identitas anak usia 0-17 tahun.Kartu ini memiliki fungsi untuk pengurusan seperti sekolah, tabungan, hingga asuransi dan keperluan kependudukan lainnya.

Pemerintah merencanakan seluruh anak usia 0-17 tahun nantinya bisa memiliki KIA sebagai kartu pengenal.

“Apabila segala persiapan di Disduk Capil Batam sudah seratus persen. Nanti kita langsung menginformasikan kepada masyaraka,’’ ujarnya.

BAJA JUGA :   Kesaksian Komisioner KPAI Beratkan Terdakwa Kasus Kekerasan Anak

Informasi kemasyarakat tersebut, lanjut Teddy, disampaikan melalui kelurahan maupun kecamatan untuk melakukan sosialisasi dan memberitahu agar warga segera melakukan pengurusan.

‘’Diminta masyarakat Batam agar bersabar dan tidak usah khawatir. Sebab KIA belum dimasukkan dalam persyaratan masuk sekolah di Batam. Persyaratan masuk sekolah masih menggunakan akte kelahiran anak,’’ harapnya.

Beberapa kota dan daerah sudah menerapkan KIA. Salah satu percontohan penerapan KIA ini di daerah Natuna. Natuna salah satu daerah percontohan yang di pilih dari Pusat.*

BAJA JUGA :   Pasca Pengeroyokan, 4 Siswa Dikembalikan ke Orangtua

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here