Semua Pihak Harus Berperan untuk Cegah Kejahatan Seksual Anak

0
245
Ilustrasi kekerasan seksual pada anak

BATAM – Menyikapi kasus pencabulan tersebut, Ketua KPPAD Kepri Erry Syahrial mengatakan, dari laporan pengaduan yang masuk dan ekpose kasus di kepolisian menunjukkan bahwa kasus pencabulan lagi banyak terjadi dalam sebulan ini. Hal ini  harus jadi perhatian semua pihak.

Orangtua bisa melakukan pencegahan dengan melakukan pengawasan anak lebih baik lagi dari sebelumnya, baik saat anak dalam lingkungan keluarga, di lingkungan bermain dan semua aktivitas anak. Ajarkan anak untuk melakukan pencegahan dan berikan pemahaman sesuai usia dan perkembangan anak.

BAJA JUGA :   5 Kota/Kabupaten di Kepri Sudah Dapat Panghargaan KLA

‘’Pencegahan oleh anak yang menjadi sasaran korban pencabulan bisa dengan berontak, kabur dan melapor ke orangtua, guru atau orang yang dipercaya,’’ ujar Erry kepada para wartawan, Kamis (31/1/2019) di Batam.

Guru harus mencegah kekerasan seksual di lingkungan sekolah dengan edukasi, pendidikan karakter dan pengenalan lingkungan, serta melakukan pengawsan pergaulan anak anak di sekolah.

BAJA JUGA :   Sinergi Penguatan Perlindungan Anak di Kepri

Sementara masyarakat harus berperan serta cegah dan tangkal kejahatan seksual terhadap anak dengan berbagai cara mulai dari pencegahan dengan meningkatan  pengawasan terhadap anak di lingkungan masyarakat dan di lingkungan bermain anak.

‘’Jangan sampai muncul predator anak beraksi di daerah tersebuut. Waspadai sikap dan perikalu warga yang dekat dengan anak tapi tidak wajar,’’ ujar Erry.

BAJA JUGA :   Viral di Medsos, Anak Kecil Jadi Badut di Mall Batam Setelah Pulang Sekolah

Bila terjadi masyarakat bisa membantu dengan ikut melaporan sehingga membantu proses hukum, jangan memberikan stigma kepada korban sehingga rehabilitasi korban berjalan.

Sedangkan aparat penegak hukum, lanjut Erry, mulai dari  penyidik  dengan  memprioritaskan penanganan kasus hukum pencabulan yang responsif anak, proaktif mengumpulkan saksi dan bukti. Sedangkan jaksa dan hakim harus memberikan tuntutan dan hukuman yang masksimal kepada para pelaku agar ada efek jera.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here