PROFIL KELEMBAGAAN KPPAD LINGGA

0
309

KOMISI Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) Kabupaten Lingga adalah lembaga independen di kabupaten Lingga yang bertugas untuk mengefektifitaskan penyelenggaraan perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak di Kabupaten Lingga, termasuk melindungi dan mengawasi anak dari segala bentuk kekerasan, diskriminasi, perlakukan salah dan penelantaran.

KPPAD Kabupaten Lingga dibentuk tahun 2012  oleh KPPAD Kepri dan Pemerintah Kabupaten Lingga dengan Peraturan Bupati Lingga Nomor 43 Tahun 2012 Tentang Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah Kabupaten Lingga dan SK Bupati Lingga Nomor 244/KPTS/VI/2013 Tentang Pengangkatan Anggota Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah Kabupaten Lingga periode Tahun 2013-2018 .

Anggota KPPAD Lingga periode pertama ini terdiri dari 5 komisioner. Kemudian Peraturan Bupati Nomor 89 Tahun 2018 tentang Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah Kabupaten Lingga  dan SK Bupati Lingga Nomor 493/KPTS/XII/2018 tentang pengangkatan Anggota KPPAD kabupaten Lingga Periode 2018-2023, untuk Periode kedua.

Komisioner KPPAD Lingga Periode 2018-2023 saat Pelantikan dan Pengukuhan

KPPAD Kabupaten Lingga bersama Pemkab. Lingga menginisiasi pembentukan Peraturan Daerah Anak sehingga lahirlah Perda Kabupaten Lingga Nomor 4 Tahun 2015 Tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak-hak Anak Kabupaten Lingga yang di dalamnya mengamanatkan Pembentukan Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) Kabupaten Lingga.

Yang menjadi sasaran perlindungan KPPAD Lingga adalah setiap anak, yakni seseorang yang belum genap berusia  18 tahun, termasuk yang dalam kandungan. Yang jadi sasaran pengawasan KPPAD Lingga adalah orang, pihak dan lembaga yang mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam memberikan pemenuhan hak-hak anak dan dan perlindungan anak.

Perlindungan Anak adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi anak dan pemenuhan hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari tindak kekerasan dan diskriminasi.

Komisioner bersama Wakil Bupati Lingga beserta Ibu dan Anggota DPRD Kabupaten Lingga

VISI, MISI DAN TUPOKSI KPPAD LINGGA

Visi:

Terjamin,  terlindungi dan terpenuhinya hak-hak anak di Kabupaten Lingga yang berkualitas,  berakhlak mulia dan sejahtera serta meningkatkan efektifitas penyelenggaraan perlindungan anak di Bunda Tanah Melayu dalam rangka terwujudnya Kabupaten Lingga Ramah Anak.

Misi :

  1. Meningkatkan pemahaman dan peran serta masyarakat dalam perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak;
  2. Membangun sistem dan jejaring pengawasan perlindungan anak;
  3. Meningkatkan jumlah dan kompensi pengawasan dan perlindungan anak;
  4. Meningkatkan kuantitas,  kualitas dan utilitas laporan pengawasan perlindungan anak;
  5. Meningkatkan kapasitas,  aksebilitas dan kualitas layanan pengaduan masyarakat; dan
  6. Meningkatkan kinerja organisasi KPPAD.

Tupoksi:

  1. Melakukan sosialisasi seluruh ketentuan perundang-undangan dan kebijakan yang berkaitan dengan perlindungan anak
  2. Melakukan pengumpulan data dan informasi tentang anak
  3. Menerima dan melakukan penelahaan terhadap pengaduan masyarakat
  4. Melakukan pemantauan, evaluasi dan pengawasan terhadap penyelenggaraan perlindungan anak
  5. Memberikan laporan dan masukan kepada Bupati Lingga tentang penyelenggaraan perlindungan anak.

 

KOMISIONER KPPAD KABUPATEN LINGGA PERIODE TAHUN 2018-2023

Ketua                           : E. Afrizal,  A.Md

Wakil Ketua                  : Septiadi Syarza, ST

Anggota                        : Hadi Sumantri, SH

: Apria Purnamasari, SE

: Drs. Effendi

 

PELAPORAN DAN PENGADUAN

Setiap anak yang tidak terpenuhi hak-haknya atau menjadi korban kekerasan, perlakuan salah,  penelantaran, diskriminasi maka dapat dilaporkan kepada pihak atau lembaga  terkait.

Banyak pihak dan lembaga  yang terkait dengan perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak mulai dari unit pelayanan teknis (UPT) /dinas di pemerintahan, Pusat Pelayanan  Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A), unit PPA kepolisian, LSM /Ormas Peduli Anak,  dan peran serta berbagai elemen masyarakat.

Siapapun yang melihat, mendengar dan merasakan atau mendapatkan informasi telah terjadi kekerasan dan pelanggaran hak-hak maka harus melaporkan kepada lembaga/instansi terkait di atas sesuai dengan bentuk pelanggaran hak anak yang terjadi. Laporan itu bisa disampaikan oleh orangtua, tetangga, guru, anak,  korban, dan semua elemen masyarakat.

Bila ada korban anak berada dalam kondisi darurat dan membutuhkan pertolongan  maka pelaporan atau pengaduan bersifat wajib dan mengiikat secara hukum. Bagi orang yang tidak melakukannya maka bisa dikenakan sanksi pidana.

Rapat internal KPPAD Kabupaten Lingga

ALAMAT PENGADUAN KPPAD LINGGA

Pengaduan  terhadap pelanggaran hak-hak anak, kasus kekerasan terhadap anak dan segala permasalahan terkait anak bisa diadukan ke KPPAD dengan berbagai cara, antara lain:

*Pengaduan langsung ke Kantor KPPAD Lingga, Jl. Istana Kota Baru,  Daik Lingga

* Nomor pengaduan  telpon dan WA :  081372674566

* Email: kppadlingga@gmail.com

*Facebook    : kppad Lingga

*Instagram   : kppad_lingga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here