Tanggung Jawab Ayah pada Anak Pasca Perceraian

0
401
Ilustrasi anak korban perceraian orangtuanya

Tanya:

Saya sudah bercerai dengan suami. Sebatas mana  tanggung jawab seorang ayah kandung pada anaknya. Kalau keluarga bercerai, apakah anaknya jadi tanggung jawab seorang ibu karena anaknya ikut ibu?

Kalau seorang ayah tidak memberikan nafkah,  apakah ada sanksi  hukumnya? Kalau  si ibu sudah menikah lagi, apakah ayah kandungnya masih punya kewajiban terhadap anaknya tersebut? Mohon penjelasannya Pak. Terima kasih.

Laida, Tinggal di Batam

Jawab:

Tanggung jawab bapak terhadap anak berupa nafkah dan kebutuhan anak berupa nafkah sehari-hari, biaya pendidikan, pengobatan dan lainnya.  Jangan sampai anak tidak terpenuhi kebutuhannya atau terlantar.

Kewajiban nafkah ayah pada anak berlaku sampai anak tersebut berusia 21 tahun atau masuk usia dewasa. Usia ini sesuai dengan batas usia Undang-Undang Kesejahteraan Anak. Tanggung jawab pada anak tersebut melekat pada seorang ayah meski pernikahan ayah dan ibunya sudah bercerai.

Kalau tidak ada nafkah sama sekali, sementara siayah sanggup maka ia bisa dikatakan telah melakukan penelantaran anak. Untuk penelantaran anak bisa dilaporkan ke polisi. Polisi mengumpulkan bukti-bukti dan keterangan saksi yang menunjukan telah terjadinya penelantaran  anak, termasuk keterangan saksi ahli dan kondisi anak yang tidak terpenuhi hak-haknya.

Bila terbukti, terlapor atau siayah dikenai pasal penelantaran anak dalam Undang-Undang Perlindungan Anak sehingga  bisa kena sanksi pidana penjara.

Tapi sebelum dilapor pidananya, ada mekanisme yang bisa ditempuh yaitu membuat laporan ke Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah (KPPAD), P2TP2A atau lembaga perlindungan anak lainnya untuk diingatkan, diadvokasi dan dimediasi.

Tujuannya supaya ayahnya ke depannya mau bertanggung jawab memberikan nafkah kepada anaknya. Bila tidak mau melaksanakan kewajibannya tersebut baru kemudian ditempuh langkah pidana.

Demikian penjelasan saya. Semoga bermanfaat.

Erry Syahrial

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here