Baru Dilantik Bupati, KPPAD Anambas Sudah Terima Beberapa Pengaduan

0
128
Bupati Anambas Abdul Haris saat melantik dan mengambil sumpah lima orang komisioner KPPAD Anambas periode 2019-2024. Foto: istimewa

ANAMBAS, LINDUNGIANAK.COM – Lima orang komisioner Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) Kabupaten Anambas periode kedua dilantik oleh Bupati Anambas Abdul Haris, Jumat (29/11/2019) lalu.

Komisioner yang dilantik tersebut masing-masing Arman Andrias, Rizka Pratiwi Angelia, Ronal Sianipar,  Yessi Susilawati, dan Tasri Wira Kusuma. Kelima komisioner ini akan menjabat selama lima tahun  kedepan, periode tahun 2019 – 2024.

Pelantikan KPPAD Kabupaten Anambas ini bersamaan dengan pelantikan Forum Anak Kabupaten Anambas periode tahun 2018-2021.

Setelah dilantik, komisioner yang dilantik dan dikukuhkan segera melakukan rapat pleno untuk menentukan ketua dan wakil ketua. Trpilih sebagai Ketua KPPAD Anambas adalah Ronal Sianipar  dan Wakil Ketua Rizka Pratiwi Angelia.

BAJA JUGA :   Santri Tewas Dikeroyok, Kemenag Tak Bisa Sanksi Ponpes Nurul Ikhlas
Lima komisiopner yang dilantik; Arman Andrias, Rizka Pratiwi Angelia, Ronal Sianipar, Yessi Susilawati, dan Tasri Wira Kusuma.

Baru seminggu dilantik, komisioner KPPAD Kabupaten Anambas langsung melaksanakan tugas dan fungsinya. Banyak kasus dan permasalahan anak yang harus diawasi prosesnya hingga selesai, baik kasus hukum, perkara anak yang bisa dimediasi dan pengawasan pemenuhan hak-hak anak di lapangan.

‘’Kami sudah turun ke lapangan. Sudah ada beberapa pengaduan yang masuk. Ada yang kita pantau kasus hukum yang sudah di BAP, nunggu persidangan,’’ jelas   Rizka Pratiwi Angelia  kepada lindungianak.com, Minggu (8/12/2019).

Kelembagaan KPPAD Anambas periode pertama sudah terbentuk sejak akhir 2013 lalu. Masa jabatan komisioner periode pertama habis tahun 2019 lalu. Pengukuhan komsioner KPPAD Anambas periode kedua ini sempat tertunda beberapa bulan karena lamanya proses seleksi komisioner.

BAJA JUGA :   8 Anak Jadi Korban Eksploitasi Seksual Prostitusi Online

Kelima komisioner ini terpilih dalam proses seleksi yang dilakukan tim seleksi yang dibentuk Bupati Anambas.  Serangkaian tahapan seleksi diikuti oleh calon komisioner agar terpilih komisioner yang punya kapasitas, integritas dan komitmen dalam perlindungan anak.

Mereka akan bekerja sesuai dengan tugas dan fungsi sebagaimana yang tertera dalam Perda Perlindungan Anak  Kabupaten Anambas dan UU No 35 tahun 204 tentang Perubahan Kedua UU No 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

BAJA JUGA :   KPPAD Kepri Lihat Kondisi Psikologis 3 Anak Korban Pencabulan di Batam

Diantara tusi yang dilakukan komisioner ini adalah menerima pengaduan masyarakat, melakukan penelaaah terhadap pengaduan yang masuk, melakukan sosialisasi, mengumpulkan data dan informasi, melakukan mediasi, menjalin kerjasama dengan lembaga lain untuk penguatan perlindungan anak dan memberikan masukan ke Bupati Anambas terkait perlindungan anak.(eri syahrial)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here