Kak Jani Asah Kreatifitas Guru-guru PAUD Batam dengan Kreasi Balon dan Mendongeng

0
73

BATAM, LINDUNGIANAK.COM – Sebanyak 65 guru-guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Batam mendapatkan pelatihan membuat berbagai kreasi bentuk balon yang bisa digunakan untuk mendekor ruangan kelas, panggung dan lokasi acara.

Kegiatan yang bertajuk Kreasi Balon tersebut mengundang trainer Kak Jani yang berasal dari Jawa Barat.  Tidak saja kreasi balon dengan berbagai bentuk balon, pendidik anak usia dini ini juga diasah bagaimana bisa mendongeng karena Kak Jani juga merupakan pendogeng dan trainer pendongeng edukatif.

Nampak para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut dari awal hingga akhir. Apalagi trainer yang didatangkan sangat komunikatif dan multi talenta. Ibarat seperti menjadi murid lagi, guru-guru PAUD tersebut membawa berbagai barang dan peralatan yang dibutuhkan selama workshop seperti balon, gunting, lem, pompa balon dan lainnya.

BAJA JUGA :   Siap-siap, 5 Film Animasi Terbaik Ini Wajib Ditonton Tahun 2019
Hasil kreasi balon dari guru PAUD

Acara Kreasi Balon ini digelar oleh Himpunan Pendidik dan Tenaga kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi)  Kota Batam, Sabtu (7/2/2020) di gedung Sekolah SMK Nizam Al Mulk. Para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut. Tentunya kedua ilmu dan keterampilan tersebut sangat berguna bagi guru-guru PAUD dalam mendidik dan membimbing anak-anaknya di sekolah.

Kreasi balon sendiri selain bisa digunakan di sekolah seperti menghias ruangan kelas sehingga anak anak PAUD merasa senang  dalam bermain dan belajar di sekolahnya. Kreasi balon tersebut bisa digunakan saat acara tertentu seperti hiasan panggung acara perpisahan, ulang tahun dan kegiatan lainnya.

BAJA JUGA :   Semua Pihak Harus Berperan untuk Cegah Kejahatan Seksual Anak

‘’Bahkan kreasi balon ini bisa mendatangkan pendapatan tambahan bagi guru dengan membuat kreasi balon pesanan orang yang membuat acara,’’ ujar Kak Jani sambil memperagakan kreasi balon yang dibuat kepada para guru.

Kak jani mengakui bahwa selain dari trainer mendongeng dan trainer kreasi balon, ia juga banyak mendapatkan penghasilan dari kreasi balon dari para pelanggannya.

‘’Dengan modal Rp180 ribu balon yang dibeli, saya bisa menjual kreasi saya seharga 800 ribu. Jadi untungnya lumayan besar,’’ ujarnya.

BAJA JUGA :   Komisi X DPR: Pendidikan Karakter Juga Harus Diberikan kepada Guru

Tidak saja kreasi balon dengan jumlah balon sedikit, Kak Jani dan timnya sering mendapatkan proyek menghias panggung dan lokasi acara dengan dengan jumlah balon yang banyak, ratusan hingga ribuan balon.

Para peserta berlomba membuat kreasi balon masing-masing

Ketua Himpaudi Kota Batam Titik saat pembukaan acara tersebut menyampaikan bahwa semangat guru-guru PAUD untuk menambang ilmu pengetahuan dan keterampilan selalu rutin dilakukan. Hal tersebut mengingat guru-guru PUAD dituntut selalu kreatif dalam rangka mendukung tumbuh  kembang anak dan memberikan lingkungan bermain dan belajar yang menyenangkan bagi anak PAUD.

‘’Agar kegiatan ini bis terlaksana maka masing-masing peserta membayar dan berasal dari uuang kas organisasi,’’  ujar Titik.(ery)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here