STIT Muhammadiyah Internasional Batam Sosialisasikan Prodi PIAUD ke Himpaudi Batam

0
78
Foto bersama guru-guru PAUD Batam yang tergabung dalam Himpaudi Batam saat acara workshop kreasi balon, Sabtu (8/2/2020) di gedung sekolah SMK Nizam Al Mulk.

BATAM, LINDUNGIANAK.COM – Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Muhammadiyah Internasional Batam memperkenalkan jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) kepada guru-guru PAUD yang tergabung dalam Himpaudi Kota Batam.

Sosialisasi prodi PIAUD ini dilaksanakan di sela-sela kegiatan workshop kreasi balon bersama Kak Jani, pendongeng dan trainer pendongeng edukatif yang digelar Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kota Batam, Sabtu (8/2/2020) di gedung Sekolah SMK Nizam Al Mulk.

Ketua STIT Muhammadiyah Internasional Batam Arifuddin Jalil S.Ag, M.I.Kom dalam kesempatan tersebut mengatakan, PIAUD merupakan salah satu dari dua prodi yang saat ini dimiliki kampusnya yang berada di Komplek Muhammadiyah, Batuaji, Batam.

Ketua STIT Muhammadiyah Internasional Batam Arifuddin Jalil saat mensosialisasikan prodi PIAUD ke Himpaudi Kota Batam, Sabtu (8/2/2020).

Prodi lainnya adalah Pendidikan Bahasa Arab. STIT Muhammadiyah Internasional Batam baru berjalan 6 bulan lalu atau baru semester dan ke depan akan ditambah beberapa jurusan lagi.

BAJA JUGA :   Kak Jani Asah Kreatifitas Guru-guru PAUD Batam dengan Kreasi Balon dan Mendongeng

Untuk prodi PIAUD, STIT Muhammadiyah Internasional Batam akan menargetkan mahasiswi dari lulusan MAN, SLTA dan guru-guru PAUD yang belum sarjana PAUD. Hingga saat ini, tercatat masih banyak guru PAUD yang belum berijazah S1.

‘’Kami juga memberikan kemudahan bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan PIAUD  seperti kuliah program extention bagi para pekerja, adanya beberapa beasiswa seperti beasiswa bidik misi reguler dan beasiswa lainnya. Uang kuliah juga relatif terjangkau,’’ ujar Arifuddin Jalil.

Sementara itu, Erry Syahrial S.Pd, M.Pd.I, Ketua Prodi PIAUD STIT Muhammadiyah Internasional Batam mengajak guru-guru PAUD yang belum S1 dan lulusan SLTA yang berminat menjadi calon guru PAUD untuk menempuh pendidikan di PIAUD STIT Muhammadiyah Internasional Batam.

STIT Muhammadiyah Internasional Batam mencetak sarjana PIAUD yang terampil mendidik, memahami dan membentuk karakter anak didik yang islami. Prodi PIAUD adalah program studi PAUD yang berbasis pendidikan Islam.

BAJA JUGA :   Wakil Bupati dan KPPAD Lingga Turun ke Sekolah

‘’Tumbuh kembang anak usia dini akan lebih maksimal bila dalam prosesnya dibarengi dengan menanamkan pendidikan dan nilai-nilai yang islami   kepada anak. Guru-guru dibekali dengan parenting islam, psikologi islam dan lainnya,’’ ujar Erry yang juga Ketua Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) Kepri ini.

. Ini selah visi  STIT Muhammadiyah Internasional dan tujuan pendidikan kita Batam.Ini sejalan dengan berbasis Kenapa Yang

Acara Woorkshop Himpaudi tersebut dibuka oleh Samson Rambah Pasir mewakili Kadis  Pendidikan Kota Batam. Dalam sambutannya, Samson mengatakan, guru-guru yang mengajar di PAUD harus berlatar belakang sarjana PAUD atau psikologi, terutama kepala sekolah dan guru utama.

Untuk guru  pembantu di PIAUD masih ada yang berijazah SMA atau lainnya. Kedepan sesuai dengan tuntutan dunia pendidikan, tidak bisa lagi berijazah SMA seperti saat ini. Kebutuhan  terhadap guru PAUD/PIAUD masih tinggi, sementara ketersediaan gurunya masih kurang.

BAJA JUGA :   Triwulan Pertama, KPAI Awasi 8 Kasus Traficking dan Eksploitasi Anak

‘’Nantinya semua guru PAUD harus sarjana PAUD atau PIAUD. Untuk itu, guru-guru yang belum sarjana atau yang berminat menjadi guru di PUAD harus menempuh pendidikan sarjana di PAUD atau PIAUD,’’ ujar Samson Rambah Pasir.

Menurut Samson, tidak semua orang bisa mengajar anak-anak di PAUD karena butuh ilmu, pendidikan dan proses tertentu agar bisa mengajar dengan baik. Guru PAUD harus lebih peka melihat anak karena yang dibimbing dan dididik adalah anak usia dini.

‘’Kita bersyukur dan mendukung saat ini sudah ada perguruan tinggi di Batam yaitu STIT Muhammadiyah Batam yang membuka program studi sarjana PIUAD sehingga calon guru atau guru PAUD yang ingin menambah pendidikannya tidak perlu jauh-jauh ke luar daerah,’’ ujar Samson kepada lindungianak.com.(ery)

Brosur STIT Muhammadiyah Internasional Batam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here